Menu

Mode Gelap
Turunkan Angka Perokok Aktif di Asia Pasifik, Kemendagri Dorong Perlibatan Lintas Sektor Dalam Penerapan KTR di Daerah Dirjen Bangda: ICT IPDMIP Tingkatkan Potensi Ekonomi Petani Melalui Transformasi Digital Kemendagri Mendorong 12 Provinsi Prioritas Mengimplementasikan Hasil Pendampingan Terpadu Inilah Lima Menteri Kabinet Indonesia Maju Peraih Korpri Award 2022 Kemendagri Menyerahkan Hasil Asistensi Dokumen RKPD Tahun 2023 Tiga DOB Provinsi Papua

Berita · 7 Apr 2022 09:30 WIB ·

Diduga Kuwu Cirebon Girang Potong Anggaran Pembangunan Hotmix Dan Jembatan DD Tahap 3 2021


 Diduga Kuwu Cirebon Girang Potong Anggaran Pembangunan Hotmix Dan Jembatan DD Tahap 3 2021 Perbesar

Okinmedia.id, Kabupaten Cirebon – Adanya dugaan pemotongan anggaran Dana Desa (DD) tahap 3 tahun 2021 yang dilakukan oleh Kuwu / Kepala Desa (Kades) Cirebon Girang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon. Pemotongan anggaran dilakukan pada pekerjaan Hotmix dan pembangunan jembatan DD tahap 3 tahun 2021 yang baru dikerjakan tahun 2022.

Dana Desa tahap 3 untuk fisik ini sekaligus pekerjaannya di dua lokasi. Untuk pembangunan jalan Hotmix di Dusun Talun blok wakaf Rw 001 – 002 dengan pagu anggaran  Rp 72.806.000,‐ dan pembangunan jembatan Dusun Astana Rw 004 – 005 Desa Cirebon Girang Kacamatan Talun Kabupaten Cirebon senilai Rp 76.672.000,‐ .

Pekerjaan ini menjadi polemik dan perbincangan di tengah masyarakat sekitar. Menurut salah satu warga yang saat itu didampingi oleh Boby dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Cakrabuana Indonesia Bersatu (CIB) mengatakan, selama ini pembangunan yang ada di Desa Cirebon Girang tidak transparan, diduga adanya pemotongan dari pagu anggaran yang semestinya.

Baca Juga :  Kapolri Turun Langsung ke Pasar Pastikan Stok Minyak Goreng Untuk Warga Aman

Ia juga mengatakan, semenjak kepemimpinan Kuwu RL, pembangunan di Desanya tidak transparan. Seperti pembangunan jembatan senilai Rp 76.672.000,‐ penggunaan material seperti pasir dan batu diduga tidak membeli, melainkan mengambil dari sungai setempat. Ujar seorang warga mengatakan pada Boby.

“Dana Desa memang tidak luput dari persoalan dugaan korupsi, namun para oknum Kuwu di Kabupaten Cirebon tak pernah berkaca dari pengalaman buruk yang telah menimpa teman seprofesinya.”

Beberapa Kuwu saat ini telah berada di balik jeruji besi, dan sebagian sedang menjalani proses persidangan. Seperti yang terjadi di Desa Citemu dan Tenjomaya. Ucap warga.

Di tempat berbeda, Ketua Rw 004 Dan Team Pelaksana Kegiatan (TPK) saat konfirmasi menjelaskan,  kalau terkait pembangunan Jembatan dan Hotmix lebih baik tanya kepada Pak Kuwu. Kami juga bingung kalau harus mengerjakan sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Baca Juga :  Upacara HUT Bhayangkara Berlangsung Khidmat, Kapolda Aceh: Hari Bersejarah Bagi Polri

“Ya, suatu hal mustahil karena dari pagu anggaran tertera di papan proyek aja di potong buat kuwunya aja berapa, ya habis pak.” Tegasnya.

Dalam hal ini jelas, UU No 6 tahun 2014 pasal 29 tentang larangan Kepala Desa untuk membuat atau mengambil keputusan diri sendiri dan golongan.

Oleh karena itu, Boby berharap kepada jajaran Muspika, Inspektorat baik Yudikatif, di mohon pengawasannya dioptimalkan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat khususnya warga Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon.

Aparat Penegak Hukum (APH), Kepala Unit Tipidkor Polresta dan Kepala Unit Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon diminta turun kebawah untuk melakukan kroscek serta audit ulang terkait pembangunan dua pekerjaan tersebut.

Bilamana adanya dugaan korupsi dilakukan Kuwu benar, maka tindak tegas, untuk memberikan efek jera bagi oknum Kuwu yang melakukanya. Pungkas Boby.

Red.

Artikel ini telah dibaca 491 kali

Baca Lainnya

Turunkan Angka Perokok Aktif di Asia Pasifik, Kemendagri Dorong Perlibatan Lintas Sektor Dalam Penerapan KTR di Daerah

2 Desember 2022 - 19:44 WIB

Dirjen Bangda: ICT IPDMIP Tingkatkan Potensi Ekonomi Petani Melalui Transformasi Digital

2 Desember 2022 - 09:27 WIB

Kemendagri Mendorong 12 Provinsi Prioritas Mengimplementasikan Hasil Pendampingan Terpadu

30 November 2022 - 23:31 WIB

Inilah Lima Menteri Kabinet Indonesia Maju Peraih Korpri Award 2022

30 November 2022 - 20:10 WIB

Kemendagri Menyerahkan Hasil Asistensi Dokumen RKPD Tahun 2023 Tiga DOB Provinsi Papua

30 November 2022 - 20:05 WIB

Banten Hari ini dalam Perspektif Pemuda Oleh Bahrul Hayat Sekretaris Wilayah HIMAPINDO Banten

30 November 2022 - 14:44 WIB

Trending di Berita