Menu

Mode Gelap
Turunkan Angka Perokok Aktif di Asia Pasifik, Kemendagri Dorong Perlibatan Lintas Sektor Dalam Penerapan KTR di Daerah Dirjen Bangda: ICT IPDMIP Tingkatkan Potensi Ekonomi Petani Melalui Transformasi Digital Kemendagri Mendorong 12 Provinsi Prioritas Mengimplementasikan Hasil Pendampingan Terpadu Inilah Lima Menteri Kabinet Indonesia Maju Peraih Korpri Award 2022 Kemendagri Menyerahkan Hasil Asistensi Dokumen RKPD Tahun 2023 Tiga DOB Provinsi Papua

Pendidikan · 10 Nov 2022 20:21 WIB ·

HMP PPKN Undana Kupang Menggelar Lomba Cerdas Cermat Pancasila Jenjang SMP Se-Kota Kupang


 HMP PPKN Undana Kupang Menggelar Lomba Cerdas Cermat Pancasila Jenjang SMP Se-Kota Kupang Perbesar


Salah satu regu lomba cerdas cermat Pancasila SMP se-Kota Kupang

Salah satu regu lomba cerdas cermat Pancasila SMP se-Kota Kupang babak 16 besar

Kota Kupang, Okinmedia.id – Himpunan Mahasiswa Program Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) FKIP Undana Kupang menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Pancasila (CCP) untuk SMP/MTs se-Kota Kupang, dengan tema Generasi Cerdas Berkarakter Pancasila Untuk Indonesia Maju, Kamis (10/11/2022).

Lomba Cerdas Cermat Pancasila (CCP) mempertemukan 9 SMP/MTs se-Kota Kupang, termasuk 16 tim yang memasuki Babak 16 besar. Babak 16 berlangsung pada Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November setiap tahun.

Menurut Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dr. Moses Kopong Tokan, M.Si, lomba cerdas cermat Pancasila SMP/MTs ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan Prodi PPKN.

Wakil dekan juga menantang Prodi PPKN untuk mengadakan kompetisi cerdas cermat tidak hanya di tingkat sekolah menengah pertama, tetapi dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) dan mungkin bisa di selenggarakan tahun depan.

Baca Juga :  Final Cerdas Cermat Pancasila, SMPK Santa Theresia Juara I

“Saya menantang Prodi PPKN untuk diterapkan di semua jenjang pendidikan di Nusa Tenggara Timur,” kata wakil dekan dalam sambutannya di Aula FKIP.

Ia juga mengungkapkan bahwa karakter bangsa saat ini sudah memudar dan kompetisi seperti ini dapat memperkuat keberanian bangsa.

Ketua HMP PPKN Jerwan Bianome mengatakan kegiatan cerdas Cermat Pancasila ini merupakan program HMP PPKN dengan masukan dari berbagai mahasiswa.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memudahkan Peserta didik atau kaum milenial mudah untuk mengingat jati dirinya sebagai orang Indonesia,” ujar Jerwan dalam sambutannya.

Yantonius Jehadi selaku ketua panitia menyampaikan kepada awak media bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar menjadi pribadi yang berkualitas dan berdaya saing.

Baca Juga :  Kalau Ada Kenapa Kalau Tidak Kenapa, Jawab Devi Saat Dikonfirmasi Wartawan Terkait Penjualan Buku LKS di SMA Negeri 1 Beber

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP Hendrik T. Malaikai juga menyampaikan hal yang sama, bahwa Cerdas Cermat Pancasila (CCP) merupakan sumbangan Prodi PPKN untuk Flobamora, untuk NTT, khususnya kota Kupang dan melalui kegiatan ini juga untuk mengembangkan diri kita dalam bidang Literasi Membaca, menulis dan berhitung dengan baik. Karena saat ini, NTT memiliki tingkat Literasi yang sangat rendah dan sumber daya manusia yang sangat lemah.

“Melalui kegiatan ini, kita telah membangunkan generasi bangsa. Melalui kegiatan ini akan mengembangkan karakter siswa,” kata Hendrik.

Perserta Lomba Cerdas Cermat Pancasila babak 16 besar diikuti 9 SMP/MTs sebagai berikut:

  1. SMPK St. Maria Assumpta
  2. SMPK St. Yosep
  3. SMPK St. Theresia
  4. SMPN 16 Kupang
  5. SMPK Adisucipto
  6. SMPK Citra Bangsa
  7. SMPK Geovani Kupang
  8. SMPN 4 Kupang
  9. SMPK Generasi Unggul

Catatan, Babak delapan besar dan Final akan digelar pada 11 November 2022.(FL)

Artikel ini telah dibaca 60 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Rutin Bagikan Makanan di Hari Jumat, Relawan AA Banten Peduli gelar Jumat Berkah .

25 November 2022 - 15:00 WIB

Cederai Marwah Wakil Rakyat, Amira ” Ungkap Saja Identitas Pelaku, Hukum Sepantas Pantasnya ” .

24 November 2022 - 20:25 WIB

Audiensi Dengan DPRD Kabupaten Pandeglang, Pemuda Pancasila : Kami Akan Kerahkan Masa, Jika Tidak Ada Tindakan dari Pimpinan Dewan dan BKD

24 November 2022 - 13:45 WIB

Rambu Petunjuk Jalan Kadubanen Miring, Netizen ” Sieun Ih Bisi Rungkad “

16 November 2022 - 14:00 WIB

Menyongsong Semangat “Hari Pahlawan” Dengan Mengikuti Berbagai Lomba

14 November 2022 - 22:08 WIB

HMP PPKN Undana Berhasil Sukseskan Lomba Cerdas Cermat Pancasila

11 November 2022 - 22:49 WIB

Trending di News