Menu

Mode Gelap
Dirjen Bangda: ICT IPDMIP Tingkatkan Potensi Ekonomi Petani Melalui Transformasi Digital Kemendagri Mendorong 12 Provinsi Prioritas Mengimplementasikan Hasil Pendampingan Terpadu Inilah Lima Menteri Kabinet Indonesia Maju Peraih Korpri Award 2022 Kemendagri Menyerahkan Hasil Asistensi Dokumen RKPD Tahun 2023 Tiga DOB Provinsi Papua Panglima Jilah Pastikan Pasukan Merah Suku Dayak Kawal Jokowi Satu Komando

Pendidikan · 2 Nov 2022 00:10 WIB ·

Mengasah Rasa Keingintahuan Anak Melalui Seni Kreativitas Melipat Origami


 Mengasah Rasa Keingintahuan Anak Melalui Seni Kreativitas Melipat Origami Perbesar

OKINMEDIA.ID, Malang – Kelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang beranggotakan Intan Kurnia Safitri, Ahmad Baihaqi Hakim, Raihan Maulana, Wisnu Agung Syeh Akbar, dan Ida Agustin Diyanti melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) di Panti Asuhan Ar-Rohmah Selopuro, Blitar, Rabu (23/10/2022).

Kegiatan pengabdian ini dibina oleh Ibu Vritta Amroini Wahyudi, S.Si., M.Si. selaku Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Kelompok 97 pada Gelombang 11 PMM Bhaktiku Negeri.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 97 Gelombang 11 dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Ibu Vritta Amroini Wahyudi, S.Si., M.Si.

Salah satu program kerja yang dirancang oleh kelompok 97 ini telah sukses dilaksanakan pada hari rabu silam. Program kerja untuk mengasah kreativitas anak ini diaplikasikan melalui seni melipat keras origami yang pada kemudian menghasilkan karya tangan indah, unik nan menarik.

Pada umumnya seni melipat kertas origami merupakan suatu seni yang hanya membutuhkan modal selembar kertas berbentuk persegi yang pada kemudian dibentuk menjadi berbagai bentuk yang kita inginkan. Mulai dari bentuk tumbuhan, buah, baju, hingga beraneka hewan pun bisa dibuat dari kertas berbentuk persegi dengan aneka warna yang menarik mata ini. Pada kegiatan yang kami adakan kami kelompok 97 membagi anak-anak menjadi 4 kelompok kecil yang mana setiap kelompok tersebut menghasilkan beberapa bentuk yaitu bentuk kupu-kupu, kacamata, lumba-lumba, hati, pesawat, angsa dan katak.

Baca Juga :  Bina Mental Osis SMA N1 Sipahutar Kunjungi Rutan Kelas IIB Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut

Beranjak dari keinginan kami untuk mengasah dan melatih kreativitas anak-anak di Panti Asuhan Ar-Rohmah Selopuro Blitar, siapa sangka kegiatan melipat kertas ini ternyata memiliki dampak besar walau terlihat remeh dan sepele. Melalui kegiatan melipat origami, rasa ingin tahu tiap individu anak dapat tumbuh dan berkembang melalui cara yang menyenangkan seperti ini.

Rasa penasaran tentang bagaimana proses meniru dan melakukan sampai berbuah hasil menjadi suatu karya tangan dengan bentuk yang diinginkan adalah pencapaian besar bagi sang anak. Hal ini sangat berguna bagi tumbuh kembang pemikiran anak, sebab beranjak dari rasa ingin tahu hingga mereka berani untuk mencoba memulai sesuatu hal untuk dapat memuaskan rasa ingin tahu tersebut adalah langkah pencapaian luar biasa yang harus kita sadari sebagai individu dewasa.

Tak heran bilamana terlihat dari gambar yang terlampirkan, senyuman puas terukir pada tiap-tiap wajah anak di Panti Asuhan Ar-Rohmah Selopuro Blitar. Senyuman gembira tatkala mereka berhasil menciptakan suatu karya seni tangan dari cara yang sederhana yakni melipat kertas origami.

Mengasah bakat tak harus melulu soal pelajaran di sekolah. Melalui kegiatan sederhana sebagaimana yang kelompok 97 adakan seperti ini juga dapat dijadikan referensi untuk mengasah bakat anak. Bakat kreativitas yang bahkan di sekolah sangat jarang diajarkan karena selalu terpaku pada pelajaran dalam kurikulum membuat bakat kreativitas anak menjadi tumpul. Padahal sangat penting untuk tiap individu anak diasah bakat krativitasnya. Jangan sampai bakat kreativitas yang ada pada setiap diri anak redup hingga menghilang. Sebab untuk bekal di kehidupan nanti, pola pikir kreativitas sangat diperlukan untuk menciptakan ide-ide brilian yang mengagumkan sebagai penerus generasi bangsa. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk membantu mereka mengasah bakat kreatif tersebut sejak usia dini.

Baca Juga :  Kelompok PMM UMM Bagi 200 Hand Sanitizer dan 500 Masker di Desa Bulukerto

Seni Origami pada dasarnya mengandalkan ketelatenan dan ketangkasan jari melalui cara menekan kertas dengan menggunakan ujung-ujung jari yang juga dapat melatih kemampuan motorik pada setiap individu yang melakukannya. Terlatihnya kemampuan motorik anak sangat penting untuk daya tumbuh kembangnya.

Pentingnya kami memasukkan kegiatan kreativitas melipat origami untuk dijadikan sebagai program kerja dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa ini adalah karena pola pikir kreatif yang merupakan salah satu unsur yang tertuang dalam pendidikan karakter, sebagaimana pendidikan karakter itu sendiri adalah tema dalam pengabdian kelompok kami. Jikalau boleh mengutip dari salah satu peribahasa pepatah mengatakan “Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui” mungkin sudah dapat tergambarkan kegiatan melipat origami yang kami adakan ini telah termuat dalam makna pepatah tersebut. Karena manfaat serta tujuan dari kegiatan krativitas melipat kertas yang dihasilkan sangatlah banyak. Dengan melakukan kegiatan melipat kertas ini, anak-anak panti tak hanya menghasilkan suatu karya tangan namun juga mereka dapat belajar sambil bermain dengan cara yang menyenangkan melalui cara yang sederhana.

Penulis : Intan Kurnia Safitri

Instagram PMM Kelompok 97 Gelombang 11 : pmm_arrohmah

Instansi : Universitas Muhammadiyah Malang

Artikel ini telah dibaca 85 kali

Baca Lainnya

Rutin Bagikan Makanan di Hari Jumat, Relawan AA Banten Peduli gelar Jumat Berkah .

25 November 2022 - 15:00 WIB

Cederai Marwah Wakil Rakyat, Amira ” Ungkap Saja Identitas Pelaku, Hukum Sepantas Pantasnya ” .

24 November 2022 - 20:25 WIB

Audiensi Dengan DPRD Kabupaten Pandeglang, Pemuda Pancasila : Kami Akan Kerahkan Masa, Jika Tidak Ada Tindakan dari Pimpinan Dewan dan BKD

24 November 2022 - 13:45 WIB

Rambu Petunjuk Jalan Kadubanen Miring, Netizen ” Sieun Ih Bisi Rungkad “

16 November 2022 - 14:00 WIB

Menyongsong Semangat “Hari Pahlawan” Dengan Mengikuti Berbagai Lomba

14 November 2022 - 22:08 WIB

HMP PPKN Undana Berhasil Sukseskan Lomba Cerdas Cermat Pancasila

11 November 2022 - 22:49 WIB

Trending di News