Menu

Mode Gelap
Dirjen Bangda: ICT IPDMIP Tingkatkan Potensi Ekonomi Petani Melalui Transformasi Digital Kemendagri Mendorong 12 Provinsi Prioritas Mengimplementasikan Hasil Pendampingan Terpadu Inilah Lima Menteri Kabinet Indonesia Maju Peraih Korpri Award 2022 Kemendagri Menyerahkan Hasil Asistensi Dokumen RKPD Tahun 2023 Tiga DOB Provinsi Papua Panglima Jilah Pastikan Pasukan Merah Suku Dayak Kawal Jokowi Satu Komando

Pendidikan · 3 Nov 2022 14:43 WIB ·

Menonton Film dan Manfaatnya


 Dokumentasi PMM Kelompok 97 Gelombang 11 (Dok/Pribadi) Perbesar

Dokumentasi PMM Kelompok 97 Gelombang 11 (Dok/Pribadi)

OKINMEDIA.ID, Malang – Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini memiliki tujuan untuk memberikan aplikasi hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalu Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 97 Gelombag 11 dengan Dosen Pembimbing Lapangan Vritta Amroini Wahyudi, S. Si.,M.Si.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang dilakukan oleh kelompok 97 gelombang 11 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memilih lokasi di Panti Asuhan Ar Rohmah Blitar dan memiliki beberapa pogram kerja. Salah satu program kerjanya adalah Sosialisasi Pendidikan Karakter. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 9 Oktober 2022 di aula Panti Asuhan Ar-Rohmah.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini dihadiri oleh sekitar 40 anak dari Panti Asuhan Ar-Rohmah yang usianya berkisar antara 7-14 tahun. Dua anggota kelompok 97 gelombang 11 yang menyampaikan Sosialisasi Pendidikan Karakter adalah Ida Agustin dan Intan Kurnia Safitiri.

Baca Juga :  Berkat Upaya Restorative Justice,Polsek Padang Bolak Sukses Damaikan Kasus Penganiayaan

Alasan diciptakannya kegiatan ini adalah tidak lain untuk memberikan edukasi mengenai Pendidikan Karakter pada anak-anak Panti Asuhan Ar-Rohmah. Seperti yang kita tahu dan melihat kondisi karakter generasi muda masa kini yang sudah kehilangan arah, pendidikan karakter di sangat penting bagi mereka guna memajukan negara di masa depan. Kegiatan yang diadakan para mahasiswa dalam rangka pendidikan karakter adalah dengan mengajak mereka menonton tiga film yang memiliki unsur tersebut di dalamnya. Film itu adalah Luca, Inside Out, dan Negeri 5 Menara. Dimana ketiga film itu sama-sama memiliki banyak makna dan pelajaran serta mudah diserap oleh para generasi muda masa kini.

Melalui kegiatan ini, para anak Panti Asuhan Ar-Rohmah juga diharapkan mampu menumbuhkan karakter-karakter baik dalam diri serta mulai mendapat sedikit demi sedikit arahan tentang apa dan bagaimana cara bersikap dengan baik agar kelak menjadi generasi muda penerus masa depan.

Antusias tinggi cukup ditunjukkan oleh para anak, mengingat juga dua diantara tiga film yang ditampilkan dikemas dalam bentuk kartun, membuat para anak semakin tertarik. Di sela-sela kegiatan menonton film, para mahasiswa juga sesekali melakukan interaksi dan mengobrol dengan mereka untuk membangun hubungan dan pengertian baik. Melalui metode ini juga bisa ditumbuhkan karakter mulai dalam diri anak-anak Panti Asuhan Ar-Rohmah. Setelah menonton ketiga film tadi, para mahasiwa lanjut melakukan kegiatan tanya jawab untuk menguji apakah para anak menyerap makna dan pelajaran dari film-film tersebut dengan pengemasan yang tetap menyenangkan sehingga anak-anak tidak merasa sedang diuji, tetapi hanya sedang bermain games yang seru.

Baca Juga :  Hebat! Sasambo Youth Education Berhasil Menyelenggarakan Pelatihan Tutor Kelas Private SYE

Acara sosialisasi ditutup oleh sesi pemberian hadiah kecil pada setiap anak dan hadiah khusus bagi para anak yang berhasil menjawab saat sesi tanya jawab. Kemudian setelahnya dilakukan kegiatan salat bersama sebagai salah satu wujud pembentukan karakter baik.

 

Artikel ini telah dibaca 44 kali

Baca Lainnya

Rutin Bagikan Makanan di Hari Jumat, Relawan AA Banten Peduli gelar Jumat Berkah .

25 November 2022 - 15:00 WIB

Cederai Marwah Wakil Rakyat, Amira ” Ungkap Saja Identitas Pelaku, Hukum Sepantas Pantasnya ” .

24 November 2022 - 20:25 WIB

Audiensi Dengan DPRD Kabupaten Pandeglang, Pemuda Pancasila : Kami Akan Kerahkan Masa, Jika Tidak Ada Tindakan dari Pimpinan Dewan dan BKD

24 November 2022 - 13:45 WIB

Rambu Petunjuk Jalan Kadubanen Miring, Netizen ” Sieun Ih Bisi Rungkad “

16 November 2022 - 14:00 WIB

Menyongsong Semangat “Hari Pahlawan” Dengan Mengikuti Berbagai Lomba

14 November 2022 - 22:08 WIB

HMP PPKN Undana Berhasil Sukseskan Lomba Cerdas Cermat Pancasila

11 November 2022 - 22:49 WIB

Trending di News