Menu

Mode Gelap
Dirjen Bangda: ICT IPDMIP Tingkatkan Potensi Ekonomi Petani Melalui Transformasi Digital Kemendagri Mendorong 12 Provinsi Prioritas Mengimplementasikan Hasil Pendampingan Terpadu Inilah Lima Menteri Kabinet Indonesia Maju Peraih Korpri Award 2022 Kemendagri Menyerahkan Hasil Asistensi Dokumen RKPD Tahun 2023 Tiga DOB Provinsi Papua Panglima Jilah Pastikan Pasukan Merah Suku Dayak Kawal Jokowi Satu Komando

Pemerintahan · 3 Nov 2022 10:39 WIB ·

Pemkot Kupang menggelar kompetisi cerdas antara SD dan SMP Kota Kupang


 Berpakaian Adat Daerah Nusantara, SDN 009 Balikpapan Selatan Kalimantan Timur Peringati Sumpah Pemuda Perbesar

Berpakaian Adat Daerah Nusantara, SDN 009 Balikpapan Selatan Kalimantan Timur Peringati Sumpah Pemuda

OKINMEDIA.ID, Kupang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang menyelenggarakan lomba pintar matematika dan bahasa Inggris antara SD/MI dan SMP/MTs di Kota Kupang, bertempat di Sekolah Dian Harapan pada tanggal 26 dan 27 Oktober 2022.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk merangsang, menginspirasi dan memotivasi siswa untuk mulai belajar. Karena pendidikan di kota Kupang masih rendah dalam literasi dan numerasi.

Tesnya adalah Matematika dan IPA untuk SD dan untuk SMP MIPA dan Bahasa Inggris.

Lomba berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama adalah tes tertulis dan tahap kedua adalah Smart-Cermat. Seleksi tertulis dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2022, untuk jenjang SD dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Kupang, sedangkan untuk jenjang SMP dilaksanakan di SD Inpres Bertingkat 1 Kelapa Lima.

“Ada dua tahapan dalam lomba ini. Tahap seleksi menulis dan tahap cerdas. Lomba menulis dilaksanakan pada 19 Oktober 2022 di SMP 5 Kota Kupang untuk tingkat SD dan SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 1 untuk SMP” ujar Oktovianus Naitboho, S. pd, M.Si selaku Dinas Pendidikan Dasar Kota Kupang menjelaskan Kamis (27 Oktober 2022).

Baca Juga :  Pemkot Kupang Secara Resmi Meminta Maaf Atas Kontroversi TPP, Mengakui Kesalahan

Oktovianus mengungkapkan, untuk tingkat dasar ada 188 tim, sedangkan untuk tingkat menengah ada 78 tim. “Hasil tes tertulis kami menunjukkan 22 tim untuk tingkat SMP dan 27 tim untuk tingkat SD,” kata Oktovianus.

Oktovianus mengatakan, dari 27 tim SD, mereka diseleksi dengan cermat dan ada 5 tim yang terdiri dari tim juara pertama, kedua, ketiga dan harapan pertama dan kedua.

“Hasilnya sangat positif, tapi dari feedback kami dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang ternyata sekolah yang masuk 5 besar dan 4 besar semuanya sekolah swasta. Semua SD swasta adalah sekolah swasta. SMP,” ujarnya.

Baca Juga :  Silaturahmi Ketua LBH Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Majalengak Dengan Kapolres Majalengka

Menurut hasil konservatif, SMPK St. Theresia Juara 1. Sementara itu, SD Dian Harapan meraih juara 1 tingkat SD. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang menggelar lomba  karena Covid-19 selama dua tahun melanda sekolah daring.

“Selain tugas sekolah, kami memfasilitasi kompetisi tingkat kota untuk mendorong anak-anak berkompetisi dan belajar untuk menjadi lebih baik,” kata Oktovianus.

Ujian ini merupakan kegiatan pertama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang pada tahun 2022. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang telah merencanakan untuk mengadakan kompetisi lainnya tahun depan.

“Tahun depan kita akan lebih banyak membahas bahasa Inggris, matematika dan MIPA, kemudian kegiatan ekstrakurikuler,” pungkasnya.(FL)

Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Banten Hari ini dalam Perspektif Pemuda Oleh Bahrul Hayat Sekretaris Wilayah HIMAPINDO Banten

30 November 2022 - 14:44 WIB

Rutin Bagikan Makanan di Hari Jumat, Relawan AA Banten Peduli gelar Jumat Berkah .

25 November 2022 - 15:00 WIB

Cederai Marwah Wakil Rakyat, Amira ” Ungkap Saja Identitas Pelaku, Hukum Sepantas Pantasnya ” .

24 November 2022 - 20:25 WIB

Audiensi Dengan DPRD Kabupaten Pandeglang, Pemuda Pancasila : Kami Akan Kerahkan Masa, Jika Tidak Ada Tindakan dari Pimpinan Dewan dan BKD

24 November 2022 - 13:45 WIB

Diharapkan Maju di Pilkada 2024 nanti, Tb Asep Rafiudin ” Belum ada Keputusan Dari Partai “

24 November 2022 - 13:11 WIB

Rambu Petunjuk Jalan Kadubanen Miring, Netizen ” Sieun Ih Bisi Rungkad “

16 November 2022 - 14:00 WIB

Trending di Berita